FEB UIN Jakarta Fasilitasi Kegiatan Tahunan FOSSEI

Ciputat, BERITA UIN Online— Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UIN Jakarta terpilih menjadi tuan rumah kegiatan Temu Ilmiah Regional 2018, Forum Silaturahmi Studi Ekonomi Islam (FOSSEI), yang berlangsung di Auditorium Utama, Senin-Jumat (5-9/3/2018). Kegiatan pertemuan tahunan kali ini mengambil tema Small Enterprise for Big Indonesia dengan menyoroti peran ekonomi sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Abyan Naufal, Ketua Pelaksana Kegiatan, mengungkapkan pertemuan tahunan kali ini sengaja menyoroti perkembangan pelaku UMKM sekaligus penguatan bisnis mereka bagi masyarakat Indonesia. Hal ini karena UMKM terbukti sebagai salah satu sektor usaha yang memperkuat ekonomi masyarakat akar rumput.

“Sekarang kita bahas tentang UMKM. Bagaimana UMKM bisa maju dengan banyak tools-nya, seperti sosiopreneur, teknopreneur, dan sebagainya,” jelas Abyan, Rabu (7/3/2018).

Selain diskusi dan seminar seputar UMKM, kegiatan juga diisi dengan sejumlah kompetisi yang diikuti puluhan tim dari 29 perguruan tinggi anggota FOSSEI. Kegiatan yang sama juga diisi dengan talkshow bersama para pelaku UMKM yang berhasil memapankan bisnis mereka.

“Acara ini nantinya akan diakhiri dengan awarding night atau malam penganugrahan kepada juara-juara lomba dan kelompok belajar terbaik yang memiliki kategori masing-masing,” jelas Abyan.

Di tepi lain, Sekretaris Jurusan Ekonomi Syariah FEB UIN Jakarta RR Tini Anggraeni ST M.Si mengapresiasi penyelenggaraan pertemuan tahunan FOSSEI di UIN Jakarta. Menurutnya, pertemuan yang menghadirkan para sarjana ekonomi sekaligus para pelaku usaha UMKM ini amat diperlukan dalam memperkuat pertumbuhan sektor usaha mikro di tanah air.

“Selain menantang para sarjana ekonomi dalam memikirkan persoalan-persoalan UMKM, ini juga membukakan mata mereka agar tidak takut-takut menjadi pelaku UMKM sendiri,” katanya. (farah nh/adit/zm)

Tautan permanen menuju artikel ini: http://feb.uinjkt.ac.id/?p=2525