Cetak ini Page

Program Pascasarjana

Tentang Program Magister Perbankan Syariah

Program Magister Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan melalui Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 1456/2014.

Program Magister Perbankan Syariah mengembangkan modal intelektual yang terintegrasi baik ilmu dan agama serta ke-Indonesiaan dalam bidang perbankan dan keuangan syariah yang memiliki karakteristik Islamic Human capital yang dibutuhkan dalam organisasi bisnis syariah yang saat ini berkembang demikian cepat, kompleks dan kompetitif.

Pengembangan Islamic Human capital dalam hal ini tidak hanya mencakup aspek pengembangan intelektual yang bersifat sempit. Namun mencakup karakteristik Managerial Skill, Leadership serta Integritas yang mampu menjawab tutntutan dinamika lingkungan bisnis syariah di era globalisasi sekarang dan masa yang akan datang.

Visi

Menjadi Program Magister Perbankan Syariah terkemuka di Asean yang mengintegrasikan aspek keilmuan, keislaman dan ke-Indonesiaan untuk menghasilkan ahli di bidang perbankan dan keuangan syariah tahun 2030.

Misi
  1. Menyelenggarakan Program Magister Perbankan Syariah yang memiliki keunggulan kompetetif dalam persaingan global dengan berstandar mutu pendidikan bertaraf internasional.
  2. Menyelenggarakan penelitian dalam bidang perbankan dan keuangan syariah.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dengan basis perbankan dan keuangan syariah.
  4. Membekali mahasiswa dengan ilmu pengetahuan, kemandirian, serta kemampuan profesional untuk menjadi tenaga ahli di bidang perbankan dan keuangan syariah dengan spirit keIslaman.
  5. Melakukan integrasi epistimologis keilmuan dalam upaya meningkatkan kualitas keilmuan dan sumber daya manusia di bidang perbankan dan keuangan syariah.
Tujuan

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Magister Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah:

  1. Menghasilkan lulusan master yang memiliki kompetensi di bidang perbankan dan keuangan syariah serta keterampilan profesi untuk pengembangan perbankan dan keuangan syariah;
  2. Menghasilkan lulusan master yang mampu menerapkan kompetensi dasar perbankan dan keuangan syariah, serta keterampilan profesi pada tataran praktis;
  3. Menghasilkan lulusan master yang bermoral Islam, amanah dan profesional;
  4. Menghasilkan lulusan master yang mampu melakukan pendekatan interdisiplin terhadap permasalahan organisasi secara umum dengan pendekatan ilmiah.
Tentang Program Doktor Perbankan Syariah

Program Doktor Perbankan dan Keuangan Islam (Islamic Banking and Finance /IBF) Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta didirikan melalui Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam No. 6546/2015.

Program Doktor Perbankan dan Keuangan Islam adalah program yang didesain untuk membangun intellectual capital yang mengintegrasikan keilmuan (science), agama (religion), ke-Indonesiaan, dan praketk bisnis perbankan dan keuangan islam yang memiliki karakteristik Islamic Human capital yang dibutuhkan dalam bidang perbankan dan keuangan islam, organisasi bisnis syariah dan pengembangan ekonomi islam yang saat ini berkembang demikian cepat, kompleks dan kompetitif. Pengembangan ini tidak hanya terbatas pada tataran keilmuan yang sampai saat ini masih terbatas, namun jyga untuk memenuhi kepentingan bisnis praktis.

Pengembangan Islamic Human Capital dalam hal ini tidak hanya mencakup aspek pengembangan intelektual yang bersifat sempit. Namun mencakup karakteristik Managerial Skill, Leadership serta integritas yang mampu menjawab tuntutan dinamika lingkungan bisnis syariah di era globalisasi sekarang dan masa yang akan datang.

Oleh sebab itu program ini dirancang khusus dengan dua model sistem:

  • Program yang menitikberatkan pada pengembangan filosofi keilmuan (Ph.D Model)
  • Program yang menitikberatkan pada pengembangan sistem dan praktek bisnis (DBA Model)   
Visi

Central of Excellent Islamic banking and Finance in Asia 2025

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor dan pengembangan ilmu pengetahuan pada bidang Islamic Banking and Finance.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang ilmu Islamic Banking and Finance.
  3. Menyelenggarakan kerjasama dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang ilmu Islamic Banking and Finance.
Tujuan

Tujuan penyelenggaraan pendidikan di Program Studi Doktor Perbankan dan Keuangan Islam (Islamic Banking and Finance) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta adalah:

  1. Menghasilkan lulusan yang memahami filosofis, prinsip, dan bisnis proses Islamic Banking and Finance.
  2. mengembangkan dan menciptakan teori serta praktik pada Islamic Banking and Finance yang terbaik.
  3. Menghasilkan lulusan yang ahli dalam praktek Islamic Banking and Finance baik nasional maupun internasional.
 Kunjungi Website http://ibf.feb.uinjkt.ac.id

Tautan permanen menuju artikel ini: http://feb.uinjkt.ac.id/?page_id=2293&lang=id