Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional (Jamkopnas) merupakan kegiatan rutin tahunan untuk koperasi-koperasi mahasiswa di Indonesia. Event Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional juga merupakan event rutin yang diselenggarakan atas kerjasama FKKMI (Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia) dengan Koperasi Mahasiswa tuan rumah.
Universitas Negeri Malang berkesempatan menjadi tuan rumah dalam acara Jamkopnas ini, karena Universitas Negeri Malang menjadi Juara Umum pada tahun sebelumnya. Jamkopnas tahun ini mengusung tema “Satu Padu Insan Hatta Muda Melalui Pendidikan Koperasi Yang Berbudaya”. Jamkopnas 2019 ini diselenggarakan pada 16-19 September 2019 bertempat di Gedung Sasana Budaya Universitas Negeri Malang.
Pada Jamkopnas 2019 ini melibatkan berbagai Koperasi Mahasiswa di Perguruan Tinggi untuk ikut dalam kegiatan ini, tercatat 63 Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia dan terdiri dari 69 Tim, dimana setiap timnya terdapat 3 orang peserta. Pada Jamkopnas 2019 ini memiliki berbagai macam lomba yaitu: COOPSMART mengenai wawasan tentang perkoperasian, COOPPLAN mengenai rancangan ide bisnis, COOPMEDIA mengenai pembuatan Film Dokumenter, COOPART mengenai pembuatan Hasta Karya, COOPAMBASSADOR mengenai duta putra/putri koperasi, COOPDEBATE mengenai debat tentang perkoperasian. Macam-macam lomba tersebut digunakan untuk meraih Juara Umum, dan juga terdapat Juara Favorit bagi Tim yang mendapatkan nilai tertinggi dalam hal menampilkan kesenian daerah masing-masing.
Dalam acara Jamkopnas kali ini Koperasi Mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyabet Juara Umum, yang diwakili oleh salah satu Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis yaitu Saudara Fadilah Akbar bersama dengan Nilna Fitra Abida (Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi) dan Khairunnia Luthfina (Fakultas Ilmu Ushluhudin), yang membawa pulang Gelar Juara 1 Coopart, Juara 2 Coopplan, 10 besar Coopmedia. Sehingga menjadikan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Menjadi Juara Umum. Delegator Kopma UIN Jakarta ini mengutarakan “bahwa kegiatan ini sebagai ajang memperkuat koperasi mahasiswa di Indonesia yang dikemas dalam kompetisi, bagi yang mendapatkan juara diharapkan mampu dapat memajukan Koperasi Mahasiswa di kampusnya”, Mahasiswa Jurusan Manajemen ini melanjutkan “setidaknya kami membawa 3 juara dan sekaligus menyabet juara umum yang dapat membanggakan kopma sendiri, Fakultas, maupun Universitas di level Nasional” tuturnya dengan semangat.

Ketua Umum Koperasi Mahasiswa, Adam Rizky mengungkapkan, jamkopnas adalah kegiatan yang berhubungan dengan koperasi salah satunya kompetisi tingkat nasional. Mahasiswa jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta ini melanjutkan, mengikuti Jamkopnas sebagai ajang menhgeratkan silahturahmi antar koperasi mahasiswa se-Indonesia dan memenangkan kejuaraan kompetisi tingkat nasional. “Kopma UIN Jakarta sudah mengikuti tujuh kali dan baru kali ini menjadi juara umum Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional”, tuturnya
Ketua FKKMI, panggilan akrabnya Luni menyatakan “antusias peserta dan perguruan tinggi di indonesia dalam rangka mengikuti Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional ini sangat tinggi dan juga tahun ini sangatlah ketat dalam persaingannya”, berasal dari kopma Universitas PGRI Ronggolawe Tuban ini menuturkan bahwasannya UIN Jakarta akan menjadi tuan rumah Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional karena telah menjadi juara umum pada tahun 2019 ini.