Pada Sabtu, 14 Mei 2022, ELC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta telah melaksanakan studi banding atau yang dikenal dengan program kerja Benchmarking Talks dengan Udayana Young Entrepreneur Community (UYEC) Universitas Udayana yang bertemakan “Expand Relationship and Sharing Ideas to Make Entrepreneurship Organizations Better”. Tema acara ini selaras dengan bertujuan untuk saling mempelajari proses kinerja satu sama lain serta menggali informasi secara real dan empiris untuk dijadikan pembanding yang kemudian masuk untuk menemukan pembaharuan aplikatif dalam rencana masing-masing organisasi kedepannya. Studi Banding diselenggarakan melalui platform web conference – Zoom meeting. Tujuan kegiatan ini adalah: (1) Kepengurusan selanjutnya bisa mendapatkan wawasan/pikiran untuk membuat program inovasi pada periode selanjutnya. (2) Antara LSO ELC dan UYEC diharapkan dapat menjalin kerjasama dalam proses peningkatan atau branding organisasinya. (3) Program studi banding ini dapat menambah wawasan atau pengetahuan baru serta menjadi pembelajaran bagi ELC maupun UYEC.

Acara studi banding yang dimulai dari pukul 13.00 WIB sampai dengan 15.40 WIB ini diawali dengan pembukaan oleh Fatimah Azzahrah mahasiswi FEB jurusan Manajemen angkatan 2021 dan Muhammad Zacky mahasiswa FEB jurusan Akuntansi angkatan 2021 sebagai Master of Ceremony. Kemudian, kegiatan dilanjut dengan pembacaan kalam ilahi oleh Wildanio Ahmad. Sesi selanjutnya, ada sambutan dari ketua pelaksana acara Benchmarking Talks yakni Titis Maryam Yusuf mahasiswi FEB jurusan Manajemen angkatan 2020. Lalu, disambung dengan sambutan dari Dewi Rahmawati selaku ketua umum LSO ELC Fakultas Ekonomi dan Bisnis periode 2021-2022 serta sambutan dari ketua umum UYEC Universitas Udayana periode 2021-2022 yakni Yulia Ayu Tri Anindita. Selain itu, agenda berikutnya terdapat sambutan dari Dr. Indo Yama, S.E., M.A.B. selaku pembina LSO ELC UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan sambutan dari Dr. I Gst. A. Kt. Gd. Suasana, S.E., M.M. selaku pembina UKM UYEC Universitas Udayana. Kemudian, kegiatan dilanjut dengan sesi foto bersama.

Agenda selanjutnya adalah presentasi organisasi per departemen atau divisi yang memaparkan informasi mengenai masing-masing makna dari nama himpunan, penjelasan masing-masing biro dan departemen yang dimiliki dan dipaparkan oleh masing-masing perwakilan ketua dan wakil ketua organisasi, dimulai dari paparan program kerja unggulan dari LSO ELC UIN Jakarta lalu dilanjutkan dengan paparan program kerja unggulan UYEC Universitas Udayana.

Setelah itu dilanjut dengan kegiatan Focus Group Discussion (FGD) oleh masing-masing biro dan departemen antar pihak ELC dengan UYEC melalui platform web conference- zoom meeting yang dimulai dari pukul 14.20 WIB sampai dengan 15.10. diskusi ini dibagi menjadi 4 room yaitu room 1 berisikan ketua, wakil, sekretaris, bendahara dari ELC X UYEC, room 2 berisikan Departemen Operasional ELC X BD UYEC, room 3 berisikan Departemen Human Resources ELC X HR dan HW UYEC, room 4 berisikan Departemen Marketing ELC X PR UYEC. Dalam FGD ini tiap room departemen akan membahas secara lebih mendetail mengenai job description, apa saja program kerjanya serta progress yang telah mereka capai di masa kepengurusan. Tiap departemen juga saling sharing session guna mencari solusi jika mereka tengah menghadapi kesulitan selama kepengurusannya serta diharapkan untuk mampu saling bertukar informasi dan memperoleh ilmu baru yang bisa dijadikan evaluasi maupun inspirasi untuk perjalanan organisasi selanjutnya.

Setelah sesi Focus Group Discussion (FGD) antar divisi, peserta kegiatan diarahkan untuk kembali ke room zoom besar untuk melanjutkan ke agenda berikutnya yaitu sesi game quizzis yang nantinya akan memilih 3 orang pemenang dari game tersebut guna memeriahkan acara dan mempererat hubungan antara ELC dan UYEC. Kemudian, Acara Benchmarking Talks ini ditutup dengan penyerahan cinderamata berupa pemberian sertifikat secara virtual dari ELC kepada UYEC. Setelah itu, dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Muhammad Ilham dan penutupan dari MC. Demikian acara Benchmarking Talks ini diakhiri pada pukul 15.40 WIB. Dengan adanya kegiatan studi banding ini, sesuai tema yang dibuat yaitu “Expand Relationship and Sharing Ideas to Make Entrepreneurship Organizations Better” diharapkan dapat menambah wawasan dalam berorganisasi, menambah relasi dan mampu meningkatkan inovasi bagi masing-masing organisasi.