Selasa, 10 November 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Bank BTN Syariah, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) menyelenggarakan BTN Syariah Streamfest 2020 yang mengangkat tema tentang “Ayo Investasi Syariah”. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada generasi muda, terutama generasi Z mengenai pentingnya perencanaan keuangan sedari dini.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Kepala Divisi Unit Usaha Syariah PT Bank BTN (Persero) Tbk Bapak Alex Sofjan Noor. Kemudian dilanjutkan sambutan oleh Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Ahmad Rodoni, MM. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ahmad Rodoni, MM menyambut baik kegiatan ini sebagai sinergitas UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sebagai PTKIN terbaik di Indonesia serta stakeholder dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia yaitu Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengelola Keuangan Haji, dan UUS Bank BTN Syariah.

Kegiatan webinar ini dimoderatori oleh Amelia Wisda Sannie Siagian (Finalis None Jakarta Pusat Tahun 2019). Narasumber kegiatan pada sesi pertama diisi oleh Akta Bahar Daeng (Deputi Direktur Kebijakan Penyidikan OJK) yang memberikan materi mengenai kewaspadaan akan investasi ilegal. Kemudian dilanjutkan oleh Mohammad B Teguh (Certified Financial Planner) yang memberikan pemahaman bahwa generasi milienial harus menetapkan terlebih dahulu tujuan keuangan yang ingin dicapai, setelah itu baru menetapkan instrumen investasi yang tepat untuk mencapai tujuan keuangan tersebut.

Materi pada sesi dua disampaikan oleh Prof. Dr. M. Nur Rianto Al Arif, M.Si (Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta/Guru Besar Ekonomi Islam). Pada paparannya Prof. Arif menyampaikan bahwa generasi Z saat ini sering terjebak pada dua mantra generasi kekinian yaitu YOLO (you only live once) dan FOMO (fear of missing out). Dua mantra ini berakibat seringnya terjadi jebakan keuangan pada generasi Z. Oleh karenanya hal ini menunjukkan betapa pentingnya perencanaan keuangan dan investasi sedari dini.

Materi terakhir disampaikan oleh Sulistyo Budi (Deputi Penempatan Dana dan Teknologi Informasi Badan Pengelola Keuangan Haji [BPKH]). Sesi terakhir ini mengangkat tema mengenai Haji Muda. Pada sesi ini disampaikan bagaimana generasi muda mampu merencanakan untuk melaksanakan ibadah haji dalam usia muda.

. Kegiatan ini diisi dengan berbagai games dan kuis menarik yang memberikan hadiah berupa uang elektronik, tabungan, dan berbagai hadiah menarik lainnya. Kegiatan BTN Syariah Streamfest ini dihadiri lebih dari 1000 orang baik yang berada di ruang zoom meeting maupun live streaming via youtube. Banyaknya peserta ini menunjukkan antusiasme generasi muda dalam merencanakan keuangan dan investasi sedari dini. Kegiatan BTN Syariah Streamfest ini didukung oleh Rumah Milenial, Program Studi Ekonomi Syariah, Program Studi Perbankan Syariah, dan Ikatan Ahli Ekonomi Islam Indonesia (IAEI) Komisariat UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.