Pada tanggal 23 November 2021 tepatnya di hari selasa, bidang Public Relation Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah periode 2020/2021 Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan sebuah acara Company Visit yang merupakan sebuah program kerja rutinan yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah untuk melakukan kunjungan ke perusahaan. Namun selama pandemi ini, kegiatan company visit harus terhenti dikarenakan adanya peraturan pemerintah yakni pembatasan sosial berskala besar untuk memutus mata rantai Covid-19. Untuk pertama kali setelah 2 tahun Himpunan Mahasiswa Program Studi Perbankan Syariah akhirnya melakukan Company Visit kembali yang dilakukan secara offline tentunya dengan persyaratan yang berlaku seperti menyertakan bukti sudah melakukan vaksinasi dan bukti surat swab antigen yang dilakukan 1×24 jam.

Company visit kali ini kita melakukan kunjungan ke PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Dengan mengambil tema “Exploring, Experiencing, and Learning Beyond Boundaries”. Yang bertujuan untuk menambah pengetahuan, meng explore, dan juga memberikan pengalaman tentang dunia perbankan/perbankan Syariah. Acara Company Visit mengunjungi PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk mahasiswa beserta dosen pendamping berangkat menaiki bus yang sudah disiapkan oleh kampus pukul 08.00 WIB, lalu berangkat menuju PT. Bank Muamalat yang berlokasi di PT Bank Muamalat Indonesia Tbk, Muamalat Tower Lantai 7 Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Jakarta 12940, Indonesia dan sampai pukul 09.40 WIB. Sesampainya disana kami disambut baik oleh pihak perusahaan lalu memasuki Gedung perusahaan sesuai dengan protokol Kesehatan yang berlaku seperti memakai masker, handsanitizer dan cek suhu.

Acara dimulai pukul 10.00 WIB dan dibuka oleh pihak dari PT. Bank Muamalat yakni Pak Anton yang mewakili segenap jajarannya. Dalam pembukaannya Pak Anton memaparkan bahwa ini adalah kali pertama pula PT. Bank Muamalat Indonesia membuka kunjungan mahasiswa kembali setelah sekian lama terhalang oleh pandemic Covid-19. Setelah itu sambutan dari ketua prodi Perbankan Syariah Bu Cut Erika Ananda Fatimah, S.E., M.B.A., dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa ini adalah kunjungan pertama bagi mahasiswa Perbankan Syariah mengunjungi PT. Bank Muamalat Indonesia yang mana kunjungan biasanya dilakukan ke Bank Indonesia dan diharapkan semoga kedepannya bisa terus menjalin silaturrahmi antara mahasiswa Perbankan Syariah dengan PT. Bank Muamalat Indonesia.

Acara selanjutnya adalah pemberian cindera mata oleh Ibu Kaprodi Perbankan Syariah kepada pihak Bank Muamalat Indonesia dan begitu pun sebaliknya pemberian cindera mata sekaligus buah tangan dari pihak Bank Muamalat Indonesia kepada Ibu Cut Erika Ananda Fatimah S.E., M.B.A selaku Ketua Prodi Perbankan Syariah. Lalu dilanjutkan dengan acara beberapa pemaparan materi yang di isi oleh pihak Bank Muamalat Indonesia diantaranya yakni pemaparan materi pertama oleh pak Sulistyo yang memperkenalkan secara general tentang visi dan misi PT. Bank Muamalat Indonesia dsb.

Selanjutnya pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh Pak Wiki terkait makna dari masing-masing lambang yang tertera pada logo Bank Muamalat Indonesia serta menjabarkan. Dilanjutkan dengan pemaparan materi ketiga mengenai basic Islamic finance yang di paparkan oleh Pak Andriansyah. Dan pemaparan materi terakhir yang disampaikan oleh ka Gunawan dan ka Sasa dari bagian marketing atau bisa disebut dengan relationship manager yang tentunya memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan yang dimiliki PT. Bank Muamalat Indonesia dan mengajak mahasiswa untuk dapat bertahan di pilihan Bank Syariah.

Acara company visit ditutup dengan foto bersama antara mahasiswa Perbankan Syariah dengan pihak dari Bank Muamalat Indonesia dan acara selesai pukul 13.00 lalu dilanjutkan dengan ishoma. Live report terkait acara yang dilaksanakan dipublikasikan melalui media sosial Instagram HMPS Perbankan Syariah UIN Jakarta (@hmps.perbankansyariah) dan melalui media sosial Instagram PT. Bank Muamalat Indonesia (@muamalat.hijrah.people).