Pada 11-12 September 2020 dilaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) di tingkat Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. PBAK pada tahun 2020 ini sedikit berbeda dibandingkan dengan PBAK tahun-tahun sebelumnya. PBAK tahun ini diselenggarakan secara daring karena faktor pandemi covid-19. Meskipun diselenggarakan secara daring, kegiatan PBAK ini tidak berkurang esensi penyelenggaraannya.


Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Amilin, SE, Ak, M.Si secara resmi membuka dan memberikan sambutan dalam PBAK fakultas ini. Dalam sambutannya Dekan mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa baru tahun 2020. Dekan menyampaikan bahwa seluruh mahasiswa harus meluruskan niat untuk mencari ilmu dengan keridhaan dari orang tua. Mahasiswa baru yang saat ini tengah melaksanakan PBAK merupakan mahasiswa pilihan, dari ribuan pendaftar hanya sekitar 30% yang diterima menjadi mahasiswa di Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kegiatan PBAK di tingkat Fakultas dilanjutkan dengan paparan oleh jajaran dekanat dan kabag Tata Usaha. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Amilin, SE, Ak, M.Si memaparkan milestone yang ingin dicapai oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis sampai tahun 2030. Paparan Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Titi Dewi Warninda, MM menjelaskan tentang proses pembelajaran dan kegiatan akademik di FEB. Selanjutnya Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Suhendra, MM memaparkan tentang kondisi sarana prasarana yang dimiliki oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kemudian Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, M.Si menjelaskan tentang organisasi intra yang terdapat di Fakultas, berbagai prestasi yang telah diraih oleh mahasiswa di fakultas, dan kegiatan kerjasama yang telah dijalin baik dari instansi dalam maupun luar negeri. Terakhir, paparan dari Kepala Bagian Tata Usaha Suhendro Tri Anggono, S.Ag, M.Si yang menjelaskan tentang tata persuratan di Fakultas.

Setelah paparan oleh jajaran dekanat dan kabag tata usaha, kegiatan PBAK ini dilanjutkan dengan pembagian peserta PBAK kepada 5 breakout room sesuai program studi yang terdapat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yaitu Akuntansi, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Syariah, Manajemen, dan Perbankan Syariah. Pada breakout room prodi ini dijelaskan visi, misi, kurikulum, dan perkenalan dosen masing-masing program studi.

Dekan menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap panitia yang sudah bekerja keras dalam menyiapkan PBAK kali ini baik panitia dari pihak fakultas maupun panitia dari DEMA Fakultas. Sekali lagi, seluruh sivitas akademika Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta menyambut dengan tangan terbuka seluruh mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selamat bergabung di kampus pembaharu dan kampus perjuangan.