Jumat, 20 Nopember 2020, Program Studi Manajemen FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan diskusi dosen yang mengangkat tema “Dinamika Efisiensi dan Risiko Pembiayaan Perbankan Syariah pada Sektor Riil.” Diskusi yang dipimpin oleh salah seorang dosen prodi Manajemen, bapak Bahrul Yaman, S.Sos, M.Si ini, diikuti oleh para dosen dari berbagai prodi di lingkungan FEB UIN Jakarta.

Dalam paparannya, bapak Dr. Faizul Mubarok, MM, selaku narasumber menyampaikan bahwa sektor yang meningkatkan ketidakefisienan perbankan syariah adalah sektor industri, sektor jasa dunia usaha, sektor jasa sosial masyarakat, dan sektor konstruksi. Sedangkan sektor yang meningkatkan efisiensi perbankan syariah adalah sektor perdagangan, restoran dan hotel, sektor pengangkutan, pergudangan dan komunikasi, sektor pertambangan, sektor pertanian, sektor listrik, gas dan air, dan sektor lain-lain.
Narasumber yang juga merupakan doktor ke 3 lulusan Program Doktor Prodi Perbankan Syariah FEB UIN Jakarta, juga menyatakan bahwa sektor yang meningkatkan risiko perbankan syariah adalah sektor pertanian, sektor perdagangan, restoran dan hotel, sektor listrik, gas dan air, sektor konstruksi, sektor jasa sosial masyarakat, dan sektor pertambangan. Sedangkan sektor yang menurunkan risiko perbankan syariah adalah jasa dunia usaha, sektor industri dan sektor lain-lain.

Dalam kesempatan yang sama, ketua Program Studi Manajemen, Ibu Murdiyah Hayati, S.Kom, M.M, menyatakan bahwa banyak hal dapat dikaji dalam diskusi antar dosen seperti ini. Berbagai ide riset muncul, dan nantinya dapat dituangkan dalam bentuk tulisan yang bermanfaaf bagi civitas akademika FEB UIN Jakarta dan masyarakat pada umumnya.
Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Amilin, SE, Ak, M.Si menyambut baik kegiatan bedah disertasi ini. Kegiatan ini merupakan salah satu cara agar pada doktor baru dapat menyampaikan pemikiran disertasinya pada khalayak yang lebih luas. Harapannya kegiatan ini dapat memotivasi rekan dosen yang lain untuk segera menyelesaikan studi lanjutnya.