Bandung, 9 Agustus 2019. Bertempat di Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) Jl Dipati Ukur kota Bandung, berlangsung Sidang Terbuka Pengukuhan Doktor Ilmu Akuntansi baru FEB UIN Jakarta: Dr. Yusar Sagara, M.Si.,Ak.,CA.,CMA.,CPMA.,CGMA.,ACMA.,CACP. 

Dr. Yusar Sagara adalah Doktor ketiga yang dimiliki Program Studi Akuntansi FEB UIN Jakarta, yang istimewa, Dr Yusar Sagara merupakan Doktor Ilmu Akuntansi pertama lulusan S1 Akuntansi UIN Jakarta. Saat ini sebagai dosen tetap Program Studi Akuntansi FEB UIN Jakarta.

Bidang Peminatan Dr Yusar Sagara adalah Akuntansi Manajemen dan Sistem Informasi. Hal ini berarti, melengkapi keilmuan di Prodi Akuntansi UIN Jakarta. Prof Amilin pada bidang auditing dan akuntansi keperilakuan. Dr. Rini pada bidang Akuntansi Syariah.

Dalam disertasinya, Dr Yusar Sagara mengatakan bahwa:

  • Lingkungan eksternal, desentralisasi dan komitmen akan mendorong terwujudnya partisipasi anggaran implikasinya kinerja organisasi secara logis akan dapat tercapai
  • Partisipasi anggaran mendorong terwujudnya universitas yang akuntabel akibatnya univeritas semakin demokratis.
  • Akuntansi merupakan sumber informasi strategis dengan berfokus pada hubungan antara perencanaan strategi dan anggaran
  • Manajer menyadari bahwa informasi adalah sumber strategi, mereka harus terlibat ke dalam system akuntansi
  • Ilmu yang diperoleh oleh seseorang melalui penelitian, pengalaman dan pengamatan secara terus menerus dan berkesinambungan mengantarkan seseorang untuk berperilaku secara baik dan wajar.
  • Ilmu akan mempedomani perilaku seseorang untuk memahami lingkungan di sekitarnya, menjaga lingkungan secara bertanggungjawab dan komitmen terhadap nilai-nilai kebenaran dan kebaikan hidup di dunia
  • Ilmu sebagai sarana seseorang untuk semakin memahami maksud dan tujuan kehidupan yang diberikan Tuhan di dunia