Selasa, 23 Juni 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) mengadakan kegiatan “ELSYA MES Goes to Campus” yang dilaksanakan secara webinar. Kegiatan ini mengangkat tema “Peran Strategis SDM Ekonomi Syariah untuk Akselerasi Sistem Ekonomi Syariah di Era New Normal”

Elsya (e-learning ekonomi syariah) merupakan platform pembelajaran berbasis online yang diluncurkan oleh Masyarakat Ekonomi Syariah Elsya yang fokus membahas Ekonomi Syariah. Elsya menghubungkan Anda dengan akademisi dan pegiat Ekonomi Syariah, sehingga terjamin kualitas materi yang disampaikan.

Kegiatan ini diawali dengan Sambutan oleh Ketua I PP MES Ahmad Soekro Tratmono yang juga menjabat sebagai Deputi Komisioner Pengawas Perbankan IV Otoritas Jasa Keuangan. Kemudian dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Hj. Amany Lubis, MA dalam sambutannya menyambut baik kegiatan ini. Kegiatan ini sejalan dengan salah satu prioritas pengembangan di Fakultas Ekonomi dan Binis, yaitu menjadi pusat keunggulan pengembangan ekonomi syariah di Indonesia. Oleh karenanya, saat ini di FEB telah memiliki program studi Perbankan Syariah dari jenjang S1 – S3, prodi S1 Ekonomi Syariah, dan saat ini tengah proses pengusulan dua prodi magister yaitu magister ekonomi syariah dan magister manajemen & bisnis syariah.


Kegiatan Elsya MES Goes to Campus ini menampilkan dua orang narasumber yaitu Prof.Dr. Euis Amalia, M.Ag (Ketua Program Studi Doktor Perbankan Syariah/PP MES) dan Putu Rahwidiyasa (Mantan Direktur Bank Syariah Mandiri/PP MES). Diskusi ini dimoderatori oleh Cut Erika Ananda Fatimah, MBA (Ketua Program Studi S1 Perbankan Syariah). Kedua orang narasumber menampilkan betapa pentingnya penyiapan sumber daya manusia di industri ekonomi dan keuangan syariah, terutama untuk menghadapi perubahan situasi ekonomi akibat pandemik saat ini. Institusi pendidikan dan industri ekonomi & keuangan syariah sama-sama harus beradaptasi untuk menyiapkan SDM yang cakap dan mampu beradaptasi di era new normal ini.