Sabtu, 14 November 2020 Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyelenggarakan kegiatan Tafakur yang diperuntukkan bagi mahasiswa angkatan 2020. Kegiatan tafakur merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang bertujuan untuk memberikan pembinaan dan pembentukan karakter kepada mahasiswa baru di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Kegiatan ini didukung oleh Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, SE, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tafakur pada tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada kegiatan tafakur tahun ini mengangkat tema tentang Tantangan Kepemimpinan Generasi Z Menyongsong Revolusi Industri 5.0. Harapannya para mahasiswa baru dapat termotivasi untuk menyiapkan diri dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri. 5.0.

Adapun narasumber pada kegiatan tafakur kali ini ialah Dr. Gigih Prakoso, MBA (Komisaris Utama PT Pertamina Gas/ Mantan Direktur Utama PT. Perusahaan Gas Negara, Tbk). Dr. Gigih Prakoso, MBA menyelesaikan S3 pada program doktor manajemen stratejik di Universitas Gadjah Mada. Dalam paparannya, Dr. Gigih Prakoso, MBA menyampaikan tantangan yang akan dihadapi pada era revolusi industry 5.0 terutama terhadap pola kepemimpinan. Pemimpin di era Industri 5.0 harus lebih kreatif dan agile dalam mengakomodasi perubahan. Oleh karenanya dibutuhkan kemampuan-kemampuan untuk kepemimpinan strategis di era revolusi industri. 5.0.