Mahasiswa Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta berhasil berhasil menjadi juara 1 World Youth Meeting di United Nations Conference Centre, Bangkok pada awal Agustus 2019. Kegiatan ini merupakan suatu perlombaan tentang penyampian gagasan mengenai pembangunan kota di era milenial dengan merujuk pada SDGs yang telah dicanangkan oleh PBB. Selain gagasan yang menjadi inti, perlombaan ini juga melatih peserta kegiatan untuk mengkomunikan gagasan tersebut dalam Bahasa Inggris yang selanjutnya dilalui proses tanya jawab oleh panelis.
Mahasiswa tersebut adalah Hilal Fathurrahman (Ekonomi Syariah tahun Angkatan 2015 Fakultas Ekonomi dan Bisnis). Dalam gagasannya, Hilal menyampaikan pentingnya dimensi spiritual dalam pembangunan mengingat dunia modern yang semakin materialis. Dimensi spiritual berperan sebagai katalisator untuk menjaga pilar sikap moral kemanusiaan. Pembangunan yang maju, adalah pembangunan yang menitikberatkan pada pembangunan manusia sehingga terjadi perdamaian global.
Ketika diminta memberikan kesan usai pemberiaan penghargaan, Hilal menuturkan “inspirasi gagasan ini dimulai dari kegelisahan melihat pembangunan yang semakin canggih tetapi tidak diikuti oleh pembangunan karakter moral manusia sehingga alat-alat canggih yang telah diciptakan justru dalam beberapa hal merusak manusia itu sendiri”
Lebih lanjut, Hilal menuturkan “Saat ini kami mencoba mengejawantahkan Grand Idea tersebut dalam sebuah aksi nyata yakni menyampaikan pesan-pesan kemanusiaan melalui akun Instagram (@sabdamillenial.id). sekalipun hanya kecil, tetapi mudah-mudahan hal itu dapat turut berkontribusi dalam pembangunan manusia”.
Diharapkan output dari kegiatan ini adalah terjadi kolaborasi pemuda-pemuda lintas negara, lintas agama, lintas ras untuk sama-sama saling bahu-membahu mewujudkan dunia yang semakin menyenagkan bagi semua orang dengan cara dan pendekatan masing-masing sesuai dengan kearifan lokal yang ada