Fakultas Ekonomi dan Bisnis menyiapkan paket logistik bagi 75 orang mahasiswa rantau FEB yang terdampak covid-19 dan masih tinggal di kost seputaran kampus UIN Jakarta. Berdasarkan data yang dihimpun sampai dengan hari Ahad, 29 Maret 2020 tercatat 104 orang mahasiswa yang masih tinggal di kost. Setelah diverifikasi, ada sebagian mahasiswa yang telah memutuskan untuk pulang baik karena rumahnya di daerah Jabodetabek ataupun telah pulang ke kampong halamannya. Paket logistik yang diberikan berupa beras, indomie, telur, minyak goreng, dan nutrisari. Kegiatan ini turut pula berkoordinasi dengan Social Trust Fund (STF) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang telah meluncurkan program paket ransum makanan bagi mahasiswa rantau, sehingga tidak terjadi tumpang tindih data mahasiswa.

Penyediaan paket logistik ini berdasarkan hasil penggalangan dana yang telah dilakukan oleh Pihak Fakultas kepada para civitas akademika di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain paket logistik, dana ini telah terpakai untuk membantu biaya pemeriksaan kesehatan mahasiswa rantau yang sakit, penyemprotan disinfektan pada gedung FEB baik di Gedung FEB maupun Gedung Pascasarjana FEB pada Sabtu 28 Maret 2020, dan kontribusi pada penggalangan dana yang dilakukan di tingkat Universitas.

Seluruh paket logistik ini disiapkan pada Senin, 30 Maret 2020; dan didistribusikan kepada mahasiswa pada Selasa, 31 Maret 2020. Kegiatan pemberian bantuan logistik ini tidak lepas setelah melihat pendataan yang dilakukan kepada seluruh mahasiswa yang tinggal di kost sejak Senin, 23 Maret 2020. Berdasarkan pendataan tersebut, Pimpinan Fakultas telah menyusun beberapa rencana aksi untuk membantu mahasiswa yang terdampak wabah Covid-19. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Amilin, SE, Ak, M.Si mengatakan bahwa pemberian bantuan logistik kepada mahasiwa rantau FEB ini merupakan rencana aksi jangka pendek untuk membantu para mahasiswa rantau FEB yang menetap di Kost/Asrama, dimana banyak mahasiswa rantau yang tidak dapat kembali ke kampung halaman atau negara asalnya (bagi mahasiswa asing) karena keterbatasan biaya ataupun ketakutan menjadi carrier bagi virus ini di kampung halamannya. Sedangkan mereka kesulitan untuk mendapatkan makanan di seputaran kampus karena banyak warung makan yang tutup. Sehingga, FEB hadir dan peduli untuk mengatasi masalah sosial kemanusiaan ini.

Kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik atas kerjasama dan keterlibatan aktif segenap Pimpinan Fakultas, Dosen, Tenaga kependidikan, dan Organisasi Kemahasiswaan lintas organisasi. Kegiatan penggalangan dana di tingkat Fakultas dikoordinir oleh Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Dr. Indo Yama Nasarudin, MAB, dan kegiatan distribusi logistik termasuk koordinasi dengan mahasiswa dikoordinir oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. M. Nur Rianto Al Arif, M.Si. Kegiatan ini didukung pula oleh Gerakan FEB Peduli yang digagas oleh Organisasi Kemahasiswaan lintas organisasi di FEB, dengan koordinator lapangan Sdr. Handika Rahmat Dwi Putro dari DEMA FEB.Keberlanjutan program ini akan mengikuti pada perkembangan situasi dan kondisi wabah Covid-19.

Pimpinan Fakultas Ekonomi dan Bisnis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu baik dalam proses penghimpunan data, penggalangan dana, sampai dengan pendistribusian. Semoga keluarga besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis senantiasa dalam lindungan Allah SWT, dan selalu diberikan kesehatan. Mari kita sama-sama berdoa agar Wabah Covid-19 ini dapat segera berakhir. Aamiin.