Program Doktor Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Center for Theorizing in Islamic Economics and Finance (CTIEF) dan Ikatan Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan Pelatihan Akses Big Data Keuangan dan Perbankan Syariah. Kegiatan ini merupakan sebagai bagian dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas riset dan publikasi dalam bidang keuangan dan perbankan syariah.

Kegiatan ini dimulai dengan pengantar oleh Founder CTIEF Dr. M. Arief Mufraini, Lc, M.Si. Dalam pengantarnya, Dr. M. Arief Mufraini menjelaskan bahwa CTIEF merupakan suatu lembaga independen yang berdasarkan kepada 5 pilar dasar yaitu: (a) Science and Academic Development; (b) International Recognition and Cooperation; (c) Research Collaboration & Dissemination; (d) Engaging Business Practices; (e) Government Partnership and Promotion.

Selanjutnya Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag selaku Kaprodi Doktor Perbankan Syariah dalam sambutannya menyambut baik kegiatan yang dilakukan pelatihan akses big data keuangan dan perbankan syariah ini. Kegiatan ini sebagai bagian dalam meningkatkan kapasitas riset mahasiswa program pascasarjana di FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Ketua IKALUIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Tb. Ace Hasan Syadzily, M.Si. Dalam sambutannya Ketua IKALUIN menyatakan bahwa pengembangan ekonomi syariah menjadi salah satu perhatian utama dalam kepengurusan IKALUIN periode ini. Bentuk perhatian ini menjadi salah satu alasan mengapa dalam kepengurusan periode ini dibentuk Bidang Pengembangan Ekonomi Syariah yang dipimpin oleh Dr. Ade Sofyan Mulazid, S.Ag, MH.

Narasumber kegiatan pelatihan akses Big Data Keuangan dan Perbankan Syariah oleh Tommy Renaldo (Proposition Sales at Refinitiv on LSEG Business). Refinitiv adalah sebuah penyedia data pasar finansial dan infrastruktur global. Ketersediaan data yang disajikan pada Refinitiv sangat bermanfaat bagi riset dan publikasi keuangan dan perbankan syariah.