Dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam keahlian perbankan syariah, 28 orang mahasiswa FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengikuti ujian kompetensi Manajemen Risiko Perbankan Level 1 pada Sabtu, 20 Februari 2021. Kegiatan ini terlaksana atas kerjasama antara Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan Muamalat Institute. Sertifikat kompetensi Manajemen Risiko Perbankan Level 1 ini dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Keuangan Syariah. Para peserta diberikan pelatihan pembekalan manajemen risiko perbankan level 1 selama dua hari pada tanggal 17-18 Februari 2021.

Terdapat delapan kompetensi yang diujikan pada Manajemen Risiko Perbankan Level 1 ini, yaitu: (1) Mengidentifikasi risiko kredit; (2) Mengidentifikasi risiko pasar; (3) Mengidentifikasi risiko operasional; (4) Mengidentifikasi risiko likuiditas; (5) Mengidentifikasi risiko stratejik; (6) Mengidentifikasi risiko reputasi; (7) Mengidentifikasi risiko hukum; (8) Mengidentifikasi risiko kepatuhan.

Kegiatan ujian kompetensi Manajemen Risiko Perbankan Level 1 kepada mahasiswa ini sebagai kelanjutan atas upaya peningkatan kompetensi yang dilakukan oleh Fakultas. Pada tahun 2020, telah pula dilakukan peningkatan kompetensi manajemen risiko dengan peserta 11 orang dosen FEB lintas prodi. Ujian kompetensi Manajemen Risiko Perbankan Level 1 dengan peserta 11 orang dosen telah dilakukan pada tanggal 13 Agustus 2020. Seluruh peserta telah dinyatakan kompeten dalam ujian sertifikasi Manajemen Risiko Perbankan Level 1. Diharapkan para dosen dapat melanjutkan pada sertifikasi Manajemen Risiko Perbankan pada level berikutnya.

Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Amilin, SE, Ak, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan peningkatan kompetensi mahasiswa melalui ujian sertifikasi kompetensi merupakan salah satu upaya yang dilakukan oleh Fakultas untuk memberikan keahlian kepada mahasiswa agar dapat siap memasuki dunia kerja. Kerjasama yang dilakukan dengan Muamalat Institute merupakan kemitraan strategis dalam peningkatan kompetensi ini. Selain itu, kegiatan sertifikasi kompetensi ini dilakukan sebagai upaya mewujudkan visi Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebagai World Class Teaching, Research, and Entrepreneur Faculty pada tahun 2030.