Alhamdulillah dan puji syukur kehadirat Allah SWT karena Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mendapatkan berkah dengan terbitnya SK Guru Besar untuk dua orang dosen. Pertama, Prof. Dr. Euis Amalia, M.Ag merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Ekonomi Islam berdasarkan SK Mendikbud No 138294/MPK/KP/2019 yang terbit tanggal 1 November 2019. Ia merupakan guru besar perempuan pertama di Indonesia untuk Bidang Ilmu Ekonomi Islam yang sebelumnya diraih oleh laki-laki. Pendidikannya ditempuh di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta sejak S1, S2 dan S3. Kiprahnya di bidang Ekonomi Islam tidak diragukan lagi, selain sebagai dosen,peneliti ia juga terlibat aktif menjadi asesor BAN PT, konsultan dan pengawas syariah di beberapa Lembaga Keuangan Syariah. Saat ini ia menjabat sebagai Ketua Program Studi S3 (Doktor) Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Kedua, Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, SE, M.Si, saat ini merupakan Guru Besar termuda di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta di usia 38 tahun 5 bulan. Ia menyelesaikan studi S1 di Universitas Diponegoro, S2 dan S3 di Universitas Indonesia. Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, SE, M.Si resmi menjadi Guru Besar Bidang ilmu Ekonomi Islam terhitung mulai tanggal 1 Maret 2020 berdasarkan SK Mendikbud No 35119/MPK/KP/2020. Saat ini ia menjabat sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kiprahnya di dunia publikasi Ilmiah telah mengantarkannya untuk menerbitkan banyak karya ilmiah di jurnal bereputasi, di samping juga kontribusinya yang besar dalam memajukan sejumlah Jurnal di UIN dalam pengelolaanya hingga terakreditasi Dikti dan Internasional (Sinta 2).

Atas nama civitas akdemika FEB UIN Syarif Hidayatullah JakartaDekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Prof. Dr. Amilin, SE, Ak, M.Si menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya kepada dua orang Guru Besar baru di Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Semoga keberadaan mereka akan memperkuat pengkajian ekonomi dan keuangan Islam di Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang saat ini telah memiliki Program Studi S1 Ekonomi Syariah, juga S1, S2, dan S3 Program Studi Perbankan Syariah, juga untuk kiprah yang lebih luas bagi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dan Indonesia untuk menopang akselerasi sistem Ekonomi Islam di Indonesia. Harapannya juga adalah pencapaian prestasi ini mampu memicu para dosen lain untuk segera mengusulkan kepangkatannya ke jenjang Guru Besar