Pada tanggal 8 April 2021, HMPS Perbankan Syariah akultas Ekonomi dan Bisnis bekerjasama dengan CRACK Indonesia mengadakan seminar nasional yang bertemakan “Peluang dan Tantangan Bank Umum Syariah BUMN Pasca Merger”. Acara ini dilaksanakan dengan tujuan mendorong minat mahasiswa dan masyarakat untuk lebih mengetahui lebih lanjut mengenai kemajuan Bank Syariah Indonesia kedepannya dan mengajak mahasiswa dan masyarakat untuk lebih peka untuk isu-isu perbankan syariah terkini.

Acara seminar nasional ini diselenggarakan pada tanggal 8 April 2021 pada pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 12.15 WIB. Acara ini dihadiri oleh Ibu Cut Erika Ananda Fatimah, S.E., M.B.A., sebagai Kepala Program Studi Perbankan Syariah, Pak Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, M.Si sebagai Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Akumni, dan Kerjasama, dan juga dihadiri oleh 340 peserta. Acara ini dimulai dengan pembukaan oleh MC, pembacaan kalam ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne UIN, sekaligus sambutan-sambutan yang diberikan oleh Ketua Pelaksana Amelia Rizkha Putri, Ketua HMPS Perbankan Syariah Muhammad Rijalul Humam, Ketua Program Studi Ibu Cut Erika Ananda Fatimah, S.E., M.B.A., dan sambutan dari Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan, Akumni, dan Kerjasama, Pak Prof. Dr. Muhammad Nur Rianto Al Arif, M.Si.

Acara utama dalam seminar nasional kali ini adalah materi yang diberikan oleh Pak Muhibbudin Ahmad Muqarrobin dan materi yang diberikan oleh Ibu Dr. Riris Aishah Prasetyowati S.E., M.M. Acara selanjutnya adalah penyampaian keynote speech dari Assoc. Prof. Dr. Murniati Mukhlisin, M.Acc, CFP. Acara ini berlangsung sangat interaktif. Sampai dipenghujung acara kita masuk kedalam kuis yang diberlangsungkan melalui link quizizz untuk mengetes pemahaman peserta terhadap materi yang disaampaikan. Imbal balik terhadap kuis yang diadakan ini, didapatkan pemenang dan mendapatkan hadiah sebagai tanda terima kasih sudah menyimak materi dengan baik. Alhamdulillah, acara berjalan dengan lancar, terima kasih banyak atas bantuan semua panitia dan akademisi terkait dan juga kerjasama dari Crack Indonesia dalam semua rangkaian acara dan bantuan media partner DNK TV, UIN Community, dan LPM Institut dalam menyebarkan info acara ini.