Tanggal 27 September 2019, Himpunan Mahasiswa Perbankan Syariah (HIMPASy) IAIN Syekh Nurjati Cirebon berkunjung ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam rangka studi banding dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Perbankan Syariah FEB UIN Syarif hidayatullah Jakarta.
Sama hal nya dengan HMJ Perbankan Syariah FEB UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, HIMPASy IAIN Syekh Nurjati Cirebon yaitu sebuah organisasi mahasiswa di tingkat jurusan yang dimanfaatkan menjadi media bagi anggotanya untuk mengembangkan pola pikir, potensi, dan kepribadian yang berkaitan dengan disiplin ilmunya agar siap terjun ke masyarakat. Adapun kegiatan HMJ hanya terbatas pada kegiatan di tingkat jurusan, khususnya dalam rangka pengkajian dan pengembangan keilmuan setiap jurusan.

Kunjungan mereka ke Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta menemui HMJ Perbankan Syariah dalam rangka silaturahmi antar himpunan mahasiswa jurusan perbankan syariah. Selain itu, mereka juga mengadakan studi banding aktivitas kemahasiswaan dari segi program kerja sampai kinerja sumber daya manusia antar kedua himpunan mahasiswa perbankan syariah. Dalam kegiatan tersebut terbagi dalam beberapa rangkaian acara, yaitu sambutan dari kepala jurusan atau sekretaris jurusan masing-masing universitas, presentasi profil dan program kerja yang ada dan dilaksanakan yang pemaparannya dilakukan oleh ketua dan wakil masing-masing himpunan mahasiswa jurusan perbankan syariah, sharing session, kampus tour yang diakhiri dengan foto bersama.
Dalam pemaparan presentasinya mereka menjelaskan secara rinci mulai dari profil himpunan sampai dengan program kerja yang dimiliki setiap departemennya. Begitu juga sebaliknya kami memaparkan secara rinci profil serta program kerja yang dimiliki setiap departemen. Sesi tanya jawab pun berjalan begitu aktif dengan banyak pertanyaan-pertanyaan yang diajukan karna rasa penasaran dari masing-masing anggota himpunan atas program kerja yang dimiliki masing-masing himpunan seperti kami yang penasaran dengan program kerja mereka berupa makrab yang dilakukan dengan berkemah dan mereka yang penasaran dengan program studi banding kami yang sudah mencapai taraf program internasional. Selanjutnya kami melakukan sharing session yang kami lakukan dengan membuat grup-grup menyatukan departemen yang sesuai dengan kecocokkan program kerja masing-masing himpunan, di sesi ini kami saling bertukar fikiran mulai dari program kerja, sistem pengerjaan program itu sendiri sampai dengan sumber daya manusia yang dimiliki masing-masing himpunan. Setelah sharing session kami mengantar mereka untuk melihat fasilitas- fasilitas yang ada di Fakultas kami. Mulai dari ruangan jajaran dekanat sampai ke kelas-kelas para masiswa belajar dan tidak lupa kami mengajak mereka untuk berkunjung ke ruang kesekretariatan yang dimiliki DEMA Serta para HMJ lainnya di Fakultas ekonomi dan Bisnis. Kami mengakhiri kegiatan hari ini dengan foto bersama di depan gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta dan sebelum berpamitan ketua HIMPASy Syekh Nurjati Cirebon mengucapkan terimaksih kepada HMJ Perbankan Syariah FEB UIN Jakarta atas penerimaan dan sambutan yang hangat. Mereka berharap semoga dengan kunjungan ini tali silaturahmi antara mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan IAIN Syekh Nurjati Cirebon dapat terjalin semakin erat dan mendapatkan ilmu, pengalaman dan hal-hal yang positif serta bermanfaat baik sekarang maupun di masa yang akan datang.