Kegiatan studi banding merupakan kegiatan rutin tahunan yang telah dilaksanakan oleh pengurus Galeri Investasi Syariah FEB UIN Jakarta. Di tahun 2020 ini kegiatan studi banding dilaksanakan dengan mengunjungi kantor sekretariat dari Galeri Investasi Trisakti School of Management. Studi banding ini selain bertujuan sebagai sarana berbagai pengetahuan dan pengalaman antar pengurus, namun juga sebagai ajang silaturahmi antara pihak Galeri Investasi Syariah FEB UIN Jakarta dengan Galeri Investasi Trisakti School of Management. Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Pembina Galeri Investasi Syariah FEB UIN Jakarta Ibu Aini Masruroh, MM.

Studi banding yang juga merupakan program kerja dari Divisi Eksternal Galeri Investasi Syariah FEB UIN Jakarta telah dilaksanakan pada hari sabtu tanggal 14 Februari 2020. Lokasi kegiatan berada di kampus Trisakti School of Management Jl. Kyai Tapa No.20, RW.9, Tomang, Kec. Grogol petamburan, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kegiatan ini diikuti oleh sebagian pengurus Galeri Investasi Syariah sebagai perwakilan dari divisinya masing-masing. Tercatat ada 18 perwakilan pengurus dan satu pembina dari Galeri Investasi Syariah FEB UIN Jakarta yang mehadiri kegiatan studi banding ini.

Kegiatan pertama dari studi banding ini berada di ruang pertemuan Trisakti School of Management yang cukup luas dan nyaman. Kegiatan tersebut dimulai pada pukul 09.30 dengan diawali sambutan sekaligus wejangan-wejangan dari pembina galeri investasi UIN Jakarta maupun Trisakti School of Management. Setelah sambutan dari masing-maising pembina, diteruskan dengan prosesi tukar plakat sebagai simbolis sekaligus cinderamata untuk masing-masing galeri investasi. Acara selanjutnya yaitu pemaparan garis besar program kerja masing-masing yang disampaikan oleh ketua umum galeri investasi UIN Jakarta maupun Trisakti School of Management. Selanjutnya, untuk semakin mencairkan suasana kegiatan diteruskan dengan games. Pelaksanaan games ini berupa permainan cerdas cermat seputar dunia investasi dengan menggunakan sebuah aplikasi tertentu. Pelaksanaan games cukup seru karena terlihat dari raut wajah peserta yang bahagia dan bersemangat. Setelah games, peserta dipersilahkan untuk meninggalkan ruang pertemuan karena agendanya yaitun ISHOMA (istirahat, sholat, makan siang) selama satu jam.

Kegiatan kedua yaitu FGD (Focum Group Discussion) yang dimulai pada pukul 13.00. Acara FGD tersebut berisikan sesi tanya jawab serta tukar pendapat seputar organisasi galeri investasi. Ketika FGD inilah program kerja dari masing-masing galeri investasi saling dijelaskan dengan lebih terperinci. Selain itu, di dalam FGD ini peserta juga bebas bertukar tanya maupun pendapatan mengenai saran mengelola organisasi yang baik. Kegiatan FGD ini berlangsung selama 30 menit. Setelah FGD berakhir, diteruskan dengan sesi foto bersama.

Kegiatan yang terakhir yaitu keliling lingkungan kampus Trisakti School of Management. Kami diperlihatkan dan dipandu oleh beberapa pengurus Galeri Investasi Trisakti School of Management ke berbagai ruangan yang ada di kampus tersebut, mulai dari kantor sekretariat dari Galeri Investasi Trisakti School of Management, ruang perpustakaan, ruang registrasi mahasiswa baru hingga sampai ke lobby utama kampus.