Pada Hari Sabtu, 3 April 2021, Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) FEB bekerjasama dengan Pusat Karir UIN Jakarta mengadakan seminar dengan topik “Personal Branding and Upgrading CV”. Seminar ini menghadirkan Ibu Iftitah Intikhobah sebagai narasumber dan Ibu Anis Apriliawati dari kemendikbud sebagai moderator. Ibu Iftitah merupakan seorang psikolog professional yang telah memiliki banyak pengalaman sebagai recruiter di banyak perusahaan-perusahaan terkemuka di Indonesia. Acara ini dihadiri oleh kurang lebih 50 orang peserta yang sebagian besarnya merupakan mahasiswa FEB tingkat akhir dan fresh graduate.

Dalam acara ini narasumber memaparkan tentang cara untuk mengenali potensi diri dan membangun branding yang bisa menggambarkan kondisi diri kita. Dengan membangun personal branding maka diharapkan mahasiswa dapat lebih dikenal oleh calon pemberi kerja, dan bisa melewati tahapan-tahapan rekrutmen dengan lebih baik. Selain itu, narasumber juga memaparkan tentang cara menulis cv yang baik. Dalam sesi ini mahasiswa diminta untuk menganalisis cv, mana yang kira-kira akan diterima dan mana yang akan ditolak oleh bagian SDM perusahaan. Dari analisis CV tersebut mahasiswa dapat memperoleh gambaran tentang CV yang ideal. Di antara proses membuat CV yang disarankan oleh narasumber adalah mengenali perusahaan dan jenis kompetensi yang dibutuhkan oleh perusahaan tersebut dan kemudian mengenali potensi diri kita dan bagaimana skill kita bisa memenuhi kebutuhan perusahaan.

Pada sesi tanya jawab, narasumber memberikan banyak tips teknis terkait proses membuat cv dan interview. Menurut narasumber, pada prinsipnya proses rekrutmen adalah mencari orang yang tepat untuk posisi yang tepat, sehingga kita selaku pencari kerja perlu membangun personal branding agar mampu mengkomunikasikan tentang kemampuan diri kita kepada perusahaan tanpa perlu kita berbicara Panjang lebar. Terlebih, personal branding akan menjadi keunggulan pelamar kerja di hadapan recruiter dan memperbesar kemungkinan pelamar kerja untuk memperoleh tempat di posisi yang diharapkan.

Materi kegiatan ini dapat diakses pada: Personal Branding & CV