Pada hari Rabu, 7 april 2021, Pranata Laboratorium Pendidikan FEB bekerjasama dengan pusat karir UIN Jakarta melaksanakan kegiatan Webinar Mahasiswa dengan topik “Menemukan dan Mengembangkan Value dan Passion” pada pukul 14.00-16.30. Kegiatan ini ditujukan untuk mahasiswa tingkat 1 dan 2 FEB UIN JAKARTA sebagai sarana untuk mendukung mahasiswa meningkatkan motivasi belajar dan berprestasi. Narasumber pada kegiatan ini adalah Ibu Ria Aprilia, M.Psi yang merupakan seorang psikolog professional yang telah memiliki banyak pengalaman dalam pengelolaan SDM di sektor manufaktur, dan juga sebagai career coach professional. Acara ini dimoderatori oleh Bapak Dr. Faizul Mubarok, MM Dosen Prodi Manajemen UIN Jakarta. Kegiatan ini dibuka dengan sambutan oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama Prof. Dr. Mohammad Nur Rianto Al Arif, M.Si yang menyampaikan betapa pentingnya menemukan passion akan suatu hal yang dapat menjadi penentu dalam karir kita di masa depan.

Pada webinar ini narasumber memaparkan tentang tantangan dan kesempatan yang akan dihadapi mahasiswa di era revolusi industry. Selain itu, narasumber menjelaskan tentang berbagai skill yang akan diperlukan di masa ini. Indonesia sebagai negara dengan pertumbuhan dan iklim usaha yang kuat dan menjadi tempat berkembangnya sebagian besar unicorn start up terbesar di Asia Tenggara. Hal ini mendorong besarnya peluang kebutuhan tenaga kerja kreatif di masa yang akan datang. Peluang ini haruslah disadari oleh para mahasiswa agar dapat mengembangkan skill nya sehingga kelak dapat bersaing di dunia industry 4.0.

Narasumber secara interaktif mengajak mahasiswa untuk mencoba menggali potensi-potensi dalam dirinya serta prestasi yang selama ini pernah diraih. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat belajar mengapresiasi dirinya atas capaian-capaian pribadi yang telah diraih, tidak terbatas pada prestasi akademik saja. Kemudian narasumber juga mengadakan tes potensi psikologi sederhana secara langsung untuk menentukan bakat mahasiswa. Dari tes sederhana yang dilakukan, mahasiswa dapat memperoleh gambaran jenis bakat yang dimilikinya.

Kemudian pembahasan dilanjutkan dengan pemaparan mengenai keterkaitan antara skill, passion dan opportunity. Dimana, jika seseorang hanya mengandalkan passion maka bisa jadi dia bahagia menekuni pekerjaan yang ia inginkan tetapi karena tidak ada kebutuhan pasar pada pekerjaan tersebut maka tidak ada atau sedikit uang yang bisa dihasilkan. Sementara, bila hanya melihat bahwa ada peluang pasar dan ia memiliki passion pada pekerjaan tersebut, tapi tidak membekali diri dengan skill yang dibutuhkan maka passion itu hanya akan menjadi impian. Maka, antara skill, passion dan opportunity di dunia kerja, ketiganya perlu menemukan irisan agar mahasiswa kelak bisa menemukan pekerjaan yang sesuai dengan passionnya.

Diskusi ditutup dengan tanya jawab seputar pengalaman narasumber dalam menghadapi klien dengan berbagai permasalahan kariernya yang relate dengan hal yang menjadi concern mahasiswa, seperti misalnya bagaimana menentukan bahwa sebuah pekerjaan pantas untuk dipertahankan atau tidak, juga bahwa passion bisa berkembang dan berubah seiring perjalanan karir yang kelak akan dihadapi mahasiswa.

Paparan kegiatan webinar ini dapat diakses pada: Find Your Passion.pdf