Minggu, 27 Oktober 2019, FEB UIN Jakarta kedatangan Tenaga Ahli dari Senior Expertan Service (SES) Jerman Mr. Klaus Stagars. Pertemuan Pertama Mr. Klaus dengan Dekan FEB UIN Jakarta Prof. Dr. Amilin, M.Si.,Ak.,CA.,QIA.,BKP.,CRMP di Grand Whiz Hotel Lebak Bulus Jakarta, Minggu 27 Oktober 2019 malam. Mr. Klaus akan berada di FEB UIN Jakarta selama tiga minggu. Beliau akan memberikan transfer ilmu bidang Banking terutama pengetahuannya tentang Islamic Banking di Dubai dan tempat-tempat penugasan Mr. Klaus selama tiga puluh lima tahun pengalamannya di seluruh dunia.

Senior Experten Service (SES) di Jerman adalah lembaga non-profit yang didirikan empat asosiasi perdagangan dan industri di Jerman, yaitu Asosiasi Industri Jerman BDI (Bundesverband der Deutschen Industrie), Perhimpunan Pemberi Kerja BDA (Bundesvereinigung der Deutschen Arbeitgeberverbände), Kamar Industri dan Perdagangan Jerman DIHK (Deutscher Industrie- und Handelskammertag) dan Asosiasi Pengrajin Jerman ZDH (Zentralverband des Deutschen Handwerks). Sejak 1983, SES sudah mengirim lebih 12000 tenaga ahli ke berbagai penjuru dunia, untuk mendukung kegiatan ekonomi lokal.

Kalau untuk Indonesia, tahun 2017 misalnya SES mengirim 108 orang, bidangnya variatif, ada profesor untuk universitas atau di bidang politeknik. Ada juga tenaga pengajar di bidang kejuruan, ini karena di Indonesia sekarang pemerintahan Jokowi ingin meningkatkan sektor pendidikan kejuruan dan sudah disepakati kerjasama dengan Jerman dalam bidang ini. Jadi SES juga mengirim banyak tenaga ahli di bidang kejuruan, misalnya otomotif, pengolahan kayu, tetapi juga bidang bakery, perhotelan dan tourism, lalu di bidang teknik, seperti CNC, PLC, pengelasan, dlsb.

Target utama pengiriman tenaga ahli SES yang sebenarnya bukan untuk mengajar siswa, melainkan terutama untuk training tenaga pengajar atau dosen, dan untuk pengembangan kurikulum suatu jurusan, lalu penyelenggaraan workshop tentang metode pengajaran, dan lain-lain sesuai kebutuhan di Indonesia. Jadi yang kami utamakan adalah sustainability, atau aspek keberlanjutan dari suatu proyek.

Mr. Klaus Stagars sebagai tenaga ahli SES memiliki pengalaman panjang sebagai Senior Management selama lebih dari 35 tahun. Mr Klaus adalah lulusan MBA di Switzerland tahun 1986. pengalaman manajerialnya pernah menjadi representative BNP di Bahrain, sehingga pemahaman Mr. Klaus terhadap Islamic Banking cukup tinggi.