Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bekerjasama dengan Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama dengan dukungan teknis dari HMJ Ekonomi Syariah mengadakan Seminar Nasional Zakat-Wakaf Goes to Campus 2019 pada Rabu 2 Oktober 2019 bertempat di Auditorium Prof Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Kegiatan seminar nasional ini merupakan satu rangkaian acara dengan kegiatan presentasi para finalis Essay Competition. Rangkaian kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan literasi zakat-wakaf bagi milenial.

Kegiatan ini secara resmi dibuka oleh Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof. Dr. Amany Lubis, MA. Pada sambutannya, Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyampaikan bahwa dengan menumbuhkan kesadaran zakat dan pengembangan wakaf yang produktif dapat memberikan kontribusi bagi pemberdayaan ekonomi umat. Selanjutnya, Dirjen Bimas Islam Muhammadiyah Amin mengatakan bahwa kegiatan literasi zakat dan wakaf ke level berbeda akan mampu mengurangi ketimpangan antara potensi dan realisasi pengumpulan zakat dan pengembangan wakaf di Indonesia.

Kegiatan Seminar Nasional ini terdiri atas dua kegiatan, yaitu kegiatan seminar dan presentasi para finalis essay competition. Adapun narasumber pada kegiatan Seminar Nasional ini ialah Prof. Dr. Ir. Mohammad Nuh, DEA (Ketua BP Badan Wakaf Indonesia), Prof. Dr. H. M. Amin Suma, SH, MA, MM (Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah), Bahrul Hayat, Ph.D (Lektor UIN Syarif Hidayatullah), Dr. Sutan Emir Hidayat (Direktur Pendidikan dan Riset Keuangan Syariah KNKS), dan Dr. Euis Amalia, M.Ag (Ketua Prodi S3 Perbankan Syariah).

Sedangkan pada final essay competition terdiri atas lima tim, yaitu: tim dari Universitas Gadjah Mada, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Adapun yang menjadi juara pada Essay Competition ini berasal dari: Universitas Gadjah Mada (Juara 1), Universitas Negeri Malang (Juara 2), dan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (Juara 3).